BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

4 Obat Cacing Ayam Bangkok dengan Metode Tradisonal

4 Obat Cacing Ayam Bangkok dengan Metode Tradisonal

Obat cacing ayam bangkok biasanya hanya digunakan apabila ayam terserang penyakit cacingan.

obat cacing ayam bangkok - agen sabung ayam

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat masalah pencernaan yang perlu diperhatikan. Penyakit ini timbul akibat adanya inveksi platyhelmintes yang mudah terserang jika kesehatan dari ayam menurun.

Baca Juga : Perhatikan Radang Sendi Pada Ayam Akibat Virus (Virus Arthritis)

Pada umumnya ayam yang terkena cacingan akan tampak pucat dan lesu, nafsu makan berkurang. Selain itu, dampaknya membuat kemampuan bertarung menjadi turun atau melemah.

Cacingan bisa saja menjadi serius jika tidak segera diberikan pengobatan. Menurut para bobotoh dengan pengalamannya untuk mengobati penyakit cacingan pada ayam bisa dilakukan dengan mudah.

Pengobatan itu sendiri bisa dengan dua cara, dengan menggunakan obat tradisional atau obat khusus cacingan yang biasa diperoleh di apotek. Namun, agen sabung ayam menyarankan agar menggunakan cara tradisional kepada ayam kesayangan anda.

Beberapa Jenis Obat Tradisional untuk Penyakit Cacingan Pada Ayam

Obat cacing bisa diberikan dengan dua jenis alternatif pengobatan, yaitu dengan obat tradisional atau obat khusus. Obat tradisional lebih mengarah kepada pembuatan dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang bisa dibuat sendiri.

Selain lebih hemat karna tidak mengeluarkan uang, obat tradisional juga lebih berkhasiat dan terhindar dari efek kimiawi. Maka dari itu, berikut ini adalah rahasia beberapa jenis obat cacing ayam bangkok :

Baca Juga : Khasiat Susu untuk Ayam, Rasakan Ayam Gemuk dalam Sekejab!

1. Buah Pinang

Buah pinang biasa digunakan oleh botoh tua untuk dijadikan sebagai obat cacing. Khasiat dari buang pinang memang dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit cacingan.

Untuk bisa menghasilkan obat herbal cacingan ini, anda bisa mengikuti cara berikut :

  • Pertama, siapkan satu buah pinang muda yang masih segar, kupas kulitnya kemudian iris kecil-kecil agar lebih mudah ditelan ayam.
  • Selanjutnya, biarkan tembolok ayam kosong dengan cara tidak memberinya makan lebih dulu selama setengah hari.
  • Lolohkan irisan buah pinang ke mulut ayam. Agar lebih mudah ditelan, lebih dulu celupkan irisan tersebut ke dalam minyak kelapa. Tembolok ayam terlebih dahulu dikosongkan dengan cara tidak memberi makan.
  • Jika irisan buah pinang telah tertelan semua, beri ayam bangkok Anda minum yang banyak dengan menggunakan spon basah yang diperas.
    Pijat temboloknya perlahan supaya kandungan buah pinang cepat larut dalam air yang diminumnya.
  • Masukan ayam ke kandang dan biarkan beberapa jam. Lihatlah cacing-cacing yang selama ini tinggal di ususnya keluar bersama kotorannya.

2. Tembakau

Selain sebagai bahan utama untuk membuat rokok, tembakau juga bisa berguna bagi ayam. Tembakau yang ingin digunakan disini disarankan dengan menggunakan daun tembakau yang masih segar.

Caranya hampir sama dengan tahap pemberian obat cacing dengan menggunakan buah pinang. Langkah awal, lolohkan 3 x 1 irisan daun tembakau berukuran jempol tangan ketika tembolok ayam kosong.

Jika setelah pemberian ayam akan terlihat pusing, maka itu adalah hal yang wajar. Seperti kepalanya geleng-geleng dan mata berair, persis seperti sedang kebingunan selama 1 hari.

Efek ini timbul dikarenakan kandungan nikotin yang terkandung dalam tembakau. Namun, akan sangat ampuh membunuh parasit cacing yang ada di ususnya.

3. Daun Pepaya Muda

Dibandingan buah pinang dan tembakau, daun pepaya muda sangat mudah ditemukan sebagai obat cacing pada ayam bangkok. Efek lain selain untuk cacingan, daun pepaya juga bisa sebagai penambah nafsu makan.

Caranya pun sama dengan penggunaan melalui buah pinang maupun daun tembakau. Selain itu, resepnya juga bisa dicampurkan dengan bahan lain seperti daun pete cina, bawang putih dan jahe.

4. Obat Opotek

Jika para pecinta ayam merasa sulit untuk menggunakan bahan itu, obat khusus dapat dibeli yang ada di apotek. Beberapa jenis obat cacing kemasan yang direkomendasikan, yaitu piperazin, levamizol, niklosamida, dan ivermectin.

Sebagai bahan perhatian, sebaiknya sebelum memberikan obat cacing kemasan kepada ayam terlebih dahulu mengecek dosis dari obat itu sendiri.

Demikian penjelasan mengenai beberapa obat cacing untuk ayam bangkok. Semoga bisa dijadikan alternatif agar para pencinta ayam tidak kebingungan untuk mengatasi penyakit cacingan ini.

Baca Juga : Tips Memelihara Anak Ayam Kate Agar Tumbuh Subur