BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Atasi Kanibalisme Ayam dengan Cara Yang Paling Ampuh

Kanibalisme ayam diartikan sebagai kebiasaan kelakuan ayam mematuk individu lainnya atau saling matuk mematuk. Kebiasaan ini akan berdampak besar hingga pada kematian ayam.

kanibalisme ayam - agen sabung ayam

Sebenarnya tingkah laku pada ayam ini pada umumnya sudah terbiasa terjadi. Namun, jika tidak diatasi dengan cara yang benar maka dampak kerugian lah yang pasti akan diterima oleh sang peternak.

Baca Juga : Gantikan Pakan Jagung dengan Pakan Nasi Aking Untuk Ayam!

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan adanya kanibalisme di lingkungan unggas ialah terletak pada kepadatan yang tinggi. Hal ini wajar jika melihat kalangan peternak yang terbiasa menyatukan ayam pada satu tempat yang sama.

Kanibalisme itu sendiri marak terjadi jika pemeliharaan ayam dalam kondisi terkurung. Maka tak heran situasi ini pula yang bisa menyebabkan kematian para ayam.

Penyebab timbulnya gejala kanibalisme diduga terletak pada defisiensi nutrien tertentu, tempat yang sesak, tidak cukupnya tempat makan dan minum, atau bisa juga dikarenakan terlalu banyak cahaya yang ada di dalam kandang.

Faktor Utama Kanibalisme Ayam Yang Perlu Disadari

Kanibalisme pada ayam biasanya terjadi pada ayam yang saling mematuk. Bahkan, tak jarang jika telur sendiri juga menjadi sasaran para ayam.

Penyebab atau faktor utama dari kanibalisme ayam, sebagai berikut:

  •  Ayam yang kekurangan pakan atau nutrien. Cara mengatasinya ialah dengan menambahkan pakan dan air bersih. Sedangkan untuk air minum bisa ditambahkan sedikit garam dapur, dimana 5g/liter air selama dua hari berturut-turut.
  • Ayam akan saling berebut untuk mendapatkan tempat yang nyaman jika jumlah ayam dalam satu kandang terlalu padat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan luas lantai kandang agar diperluas. Selain itu, jumlah ayam juga bisa dikurangi di setiap kandangnya juga bisa menjadi solusi atas hal tersebut.
  • Udara di dalam kandang yang lembab, atau terlalu panas. Untuk itu ventilasi yang cukup harus ada di dalam kandang.
  • Kekurangan batu-batuan (grit) untuk ayam. Maka dari itu, untuk menanggulanginya ayam perlu diberikan garam.

Baca Juga : Kekurangan Nutrisi Pada Ayam Harus Dicermati

Cara Paling Ampuh Mencegah Kanibalisme Ayam

Kanibalisme juga bisa diatasi dengan cara yang ampuh, yaitu dengan pemotongan paruh sebesar 1/4-1/3 panjang paruh menggunakan gunting atau debeaker.

Tujuan pemotongan paruh ayam ialah sebagai berikut :

  1. Pengurangan resiko kanibalisme,
  2. Pada saat periode produksi, susutnya jumlah ayam bisa berkurang.Standar susut jumlah ayam dari umur 20 – 80 minggu, maksimum 10%. Bila susut jumlah ayam >15%, sulit untuk mencapai produksi telur hen house (H.H) >325 butir atau 21 kg telur per ekor,
  3. Agar ayam makannya lebih efisien, mengurangi resiko pakan tercecer akibat pilih-pilih makanan. Di samping itu, bukan hanya makanan seperti pellet yang dimakan tapi makanan yang berbentuk tepung juga bisa dijadikan makanan.

Baca Juga : Pengaruh Jenis Pakan Terhadap Telur Ayam Serta Warna Daging