TIPS SABUNG AYAM

Ayam sering makan batu kerikil ternyata alasannya

Ayam sering makan batu kerikil ternyata alasannya

Ayam sering makan batu kerikil ternyata alasannya seperti ini jadi jangan kami marahin ayam kamu dulu jika tidak tahu alasannya

ayam sering makan batu kerikil

Agen Sabung Ayam – Ayam sering makan batu kerikil ternyata untuk memperlancar sistem pencernaannya ,loh kok gitu bukannya batu tidak bisa dicerna?,nah maka disimak dulu kenapa batu kerikil sangat membantu ayam.

sebenarnya bukan hanya ayam saja yang makan kerikil bahkan hampir semua unggas memakan bebatuan dan kerikil kecil berikut alasannya mohon disimak

ayam sering makan batu kerikil

Alasannya adalah karena di dalam tubuh unggas itu terdapat bagian khusus yang disebut tembolok. Jika unggas makan kerikil, kerikil itu nantinya akan menumpuk di dalam tembolok. Nah kalau begitu, sebenarnya apa fungsi tembolok? Fungsinya adalah untuk memperlancar pencernaan unggas tersebut.

Ternyata ada hal unik lain dibalik ayam yang memakan kerikil ini ternayata kerikil yang masuk kepencernaan ayam akan dikeluarkan bersama dengan kotoran ayam, fungsi memakan kerikil karena ayam tidak punya gigi untuk mengunyah dan dengan bantuan kerikil lah ayam bisa melakukan pengunyahan.

ayam sering makan batu kerikil

Ayam adalah pemakan biji bijian , kalian tahu sendiri biji bijian ada yang keras dan pastinya sulit untuk dicerna maka pada saat makanan yang masuk kedalam tenggorokan ayam tidak akan langsung masuk kelambung untuk dicerna tapi akan berhenti di tembolok beberapa waktu , tembolok adalah ruangan di bagian dalam tubuh ayam sebelum lambung.

Setelah biji masuk ke dalam tembolok maka ayam akan mulai menjadi kerikil kerikil untuk dimasukan kedalam temboloknya ,memang kelihatan rakus ya kalau lihat ayam makan,ayam yang sudah makan kerikil maka kelikir akan masuk ke tembolok lalu akan masuk kedalam lambung pertama untuk dicerna.

ayam sering makan batu kerikil

Dengan bantuan lambung biji bijian akan mulai dicerna dan makanan tersebut akan menjadi enrgi untuk ayam untuk hidup dan berkembang ,setelah semua zat terserap dengan baik tinggal ampasnya lah yang akan keluar dan uniknya lagi keluar bersama dengan kerikil yang tadi dia makan loh

jadi ayam yang memakan batu kerikil merupakn hal yang biasa terjadi dan tidak perlu dipusingi apalagi stress mikirin ayam nya kok malah makan kerikil.