BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Ayam Yungkilok yang berasal dari Padang Sumatera Barat

Ayam Yungkilok yang berasal dari Padang Sumatera Barat

Ayam Yungkilok berasal dari Padang Sumatera Barat dan ayam ini merupakan ayam asli dari Indonesia yang tidak akan ditemukan di negara lainAgen Sabung Ayam – Kota padang bukan hanya terkenal dengan kuliner nya yaitu nasi padang dan sate padang yang sudah se nusantara mengetahuinya namun ada satu harta yang tidak banyak diketahui orang lain yaitu Ayam Yungkilok.

Ayam Yungkilok

Ternayata Ayam yungkilok ini di ekpor ke Inggris sebelum abad ke 18 untuk di teliti lebih lanjut karena suaranya yang khas ini.

Oleh karena itu layak kalau ayam ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, khususnya masyarakat Kecamatan Payung Sekaki, Solok, Padang, Sumatera Barat.

Pada saat ini ayam ini sangatlah susah untuk ditemukan karena sudah hampir punah dan tidak ada upaya melestarikannya.

Adapun jarang karena para peternak lebih memilih untuk beternak ayam yang lebih menghasilkan dan menguntungkan.

Ayam ini terkenal memiliki suara yang unik dan tidak seperti ayam pada umumnya iya kokok batindik  itu lah sebutan untuk suara kokok ayam hias satu ini.

Maka pemerintah setempat sebagai wujud untuk pelestarian maka mereka setiap tahun ada melakukan kompetisi untuk ayam tersebut.

Ayam Yungkilok

Walaupun ayam ini  sudah hampir punah namun kita tetap mencarikan perbedaan dan ciri ciri ayam ini, yuk disimak dengan baik :

Ciri – Ciri Pejantan Yungkilok

  1. Penjantan juga memiliki Warna bulu yang hanya satu macam, Ada juga yang memiliki warna kombinasi,namun untuk penjantan biasanya hitam,serta untuk bulu yakni putih, merah, kuning atau hitam.
  2. lehernya ada beragam warna.
  3. Memiliki suara berkokok yang sangat pa\njang serta terdapat irama,oleh maysarakat setempat di sebut dengan nama kokok batindik atau juga balenggek.

Ciri – Ciri Betina Yungkilok

  1. Betina yungkilok memiliki bentuk kepala yang oval memanjang serta ditumbuhi bulu-bulu kecil.
  2. Ukuran paruhnya panjang serta juga agak lebar. Warna paruhnya ada yang putih, kuning, dan merah.
  3. Leher berukuran sedang dengan tembolok besar menonjol.
  4. Bulu di bagian badan betina yungkilok juga lebat, ada yang hanya terdiri dari satu macam warna saja yakni putih, kuning, merah maupun hitam, ada pula warna-warna kombinasi maupun
  5. Memiliki kaki dengan ukuran agak panjang, sangat kokoh, sisik kaki teratur rapi dengan warna putih, kuning, merah atau hitam.
  6. Kuku-kukunya runcing dan juga lumayan panjang.
  7. Telapak kakinya berjaringan halus dengan warna abu-abu, hitam, putih kemerah-merahan ataupun kuning.
  8. Bertelur paling banyak 16 butir per periode.

Sekian Informasi Mengenai Ayam Yungkilok yang berasal dari Padang Sumatera Barat Semoga dapat menambah wawasan.