BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Basmi Penyakit Gumboro Pada Ayam dengan Racikan Herbal

Penyakit Gumboro pada ayam merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Maka dari itu, agen sabung ayam ingin berbagi tips racikan herbal untuk membasmi penyakit ini.

penyakit gumboro pada ayam -agen sabung ayam

Penyakit Gumboro atau Penyakit Infectious Bursal Disease merupakan penyakit yang muncul pada tahun 1962 berdasarkan kasus yang terjadi pada tahun 1957 di desa Gumboro-Delaware, negara bagian Amerika Serikat. Gumboro seperti penyakit HIV yang terjadi pada manusia dikarenakan penyakit ini bersifat menular.

Baca Juga : Cara dan Manfaat Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Oleh karena itu sangat penting jika menjauhkan atau membasmi jenis penyakit ini agar tidak terjangkit kepada ayam kesayangan. Namun, tidak perlu khawatir, ramuan herbal ternyata bisa mengatasi jenis penyakit ini.

Ramuan herbal bisa diberikan jika mendadak ayam anda menunjukkan gejala atau tanda-tanda akan terjangkit penyakit ini.

Ramuan Herbal untuk Penyakit Gumboro

Bahan-bahan :

  • Gula merah – 100 gram
  • Kunyit – 100 gram
  • Lempuyang – 100 gram

Caranya :

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disediakan, kemudian diblender mengguankan air.
  2. Setelah diblender, rebus dalam 1 liter air hingga mendidih.
  3. Selanjutnya bisa didinginkan serta disaring semua
  4. Ramuan jamu herbal telah siap.

Baca Juga : Waspada Penyakit Cacingan Pada Ayam Serta Temukan Penyebabnya

Ramuan herbal ini bisa juga dicampur dengan air bersih (diencerkan) hingga kira-kira 10 liter.  Setelah itu, jamu herbal bisa langsung diberikan kepada ayam yang terkena penyakit gumboro.

Berikan ramuan selama 7 hari berturut-turut, namun yang harus diingat ramuan ini tidak boleh disisakan untuk keesokkan harinya. Itu lah sebabnya ramuan harus dihabiskan sesudah dibuat agar esoknya bisa membuat ramuan yang baru lagi.

Namun, Jika setelah pemberian ramuan herbal ini memang akan terdapat kematian yang meningkat pada hari ke-3 sampai ke-5. Akan tetapi tidak perlu panik, setelah itu akan menurun.

Pada umumnya kematian akibat dari penyakit gumboro bisa mencapai hingga 80%. Tapi, jika para peternakan memberikan jamu herbal ini, maka kematian akan dapat ditekan menjadi hanya sekitar 10%.

Baca Juga : Jengger Ayam Ternyata Ampuh Bagi Kesehatan Manusia