BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Cara Atasi Cacingan Pada Mata Ayam Yang Perlu Dihindari!

Cacingan pada mata ayam bukan hal yang tak mungkin bisa terjadi pada setiap ayam kesayangan anda. Untuk itu, mari kita bahas bagaimana cara mengatasinya?

cacingan pada mata ayam - agen sabung ayam

Proses ternak ayam pada setiap peternakan pasti mengalami permasalah yang menyerang termasuk masalah yang berhubungan langsung dengan kondisi hewan tersebut. Salah satu masalah yang beresiko tinggi yaitu cacingan pada mata ayam.

Baca Juga : Hati-Hati Mengganti Konsentrat Petelur Jangan Sampai Salah!

Cacingan pada mata ayam ialah penyakit dimana mata ayam mengalami kondisi permasalahan terhadap cacingan. Bagaimana ayam bisa sampai mengalami cacingan mata?

Faktor Cacingan Pada Mata Ayam

Cacingan pada mata ayam terlihat dari matanya yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya melalui infeksi virus maupun bakteri. Virus yang terinfeksi juga bisa dikarenakan oleh keadaan lingkungan atau perawatan yang kurang baik.

Selain itu, faktor lain seperti pakan juga sangat penting untuk diperhatikan nutrisinya jika ingin terhindar dari cacingan. Oleh karena itu sistem managemen sangat perlu untuk terus diperhatikan agar berbagai macam penyakit dapat dihindari.

Beberapa gejala mata ayam yang cacingan juga harus diketahui, di antaranya :

  • Mata yang selalu digosok dengan sayap atau kaki ayam
  • Penurunan nafsu ayam
  • Mata yang membengkak
  • Mencret
  • Mood ayam yang jelek

Baca Juga : Terungkap! Virus Flu Burung Bisa Diatasi dengan Pemutih Pakaian

Cara Mengatasi Cacingan Pada  Mata Ayam

    1. Karantina, langkah awal jika ayam terinfeksi cacingan yaitu bisa dengan mengkarantina ayam tersebut untuk menghindari penularan kepada ayam lain sehingga proses pengobatan bisa dijalani.
    2. Pembersihan kandang, seharusnya bukan hanya jika terserang penyakit cacingan saja yang mengharuskan pembersihan kandang. Namun, sudah seharusnya kandang disterilisasikan secara rutin dan menyeluruh.
    3. Pergantian bahan lantai, jika sudah mengalami cacingan ayam maka tak cukup hanya dengan pembersihan saja. Namun pergantian lantai kandang dengan yang baru juga diperlukan yang kemudian disertakan dengan menyemprot jodopor.
    4. Creolin, obat tetes mata juga bisa diberikan dengan langsung meneteskannya pada mata ayam dengan cairan tetes mata 5% creolin.
    5. Perasan air tembakau, menggunakan perasan air tembakau juga bisa dijadikan alternatif cara herbal untuk penyakit cacingan pada mata ayam ini.
    6. Ambil Cacing, cara ini bisa dilakukan dikarenakan cacing bisa terlihat secara visual sehingga diambil langsung dengan menggunakan pinset secara hati-hati.

Baca Juga : Simak Sindrom Kerdil Pada Ayam Broiler untuk Para Peternak