BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Cara dan Manfaat Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Teknik ternak ayam petelur tanpa telur memang dijadikan salah satu cara untuk peningkatan produktivitas. Kali ini, agen sabung ayam akan membahas bagaimana cara serta manfaat dari teknik tanpa kandang ini.

ternak ayam petelur - agen sabung ayam

Cara Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

  • Lokasi yang Tepat

Langkah awal untuk memulai teknik ternak ayam tanpa kandang ialah harus mempersiapkan lokasi yang tepat. Pasalnya, tak semua lokasi tepat untuk usaha budidaya telur ayam petelur.

Sebaiknya agar ayam bisa merasa nyaman, lokasi seharusnya terdapat banyak tumbuh-tumbuhan atau pohon. Di samping itu, lokasi juga harus beralaskan tanah guna ayam agar bisa menceker atau mencari pakan sendiri.

Baca Juga : Waspada Penyakit Cacingan Pada Ayam Serta Temukan Penyebabnya

  • Pagar ( jaring ) di sekitar lokasi peternakan

Pembatasan yang tinggi pada sekitar lokasi peternakan diperlukan agar ayam tidak bisa kabur atau terbang keluar. Untuk pembatas bisa menggunakan jaring, strimin (kawat), atau bisa buat pagar tembok yang tinggi.

  • Kandang Terbuka

Selanjutnya, bisa membuat tipe kandang yang terbuka. Kandang terbuka dimana kandang yang tak memiliki dinding yang yang kondisi seluruhnya dibiarkan terbuka.

  • Pemberian Pakan yang Merata

Pemberian pakan dalam memilih ternak ayam petelur tanpa kandang ini harus diperhatikan. Sebab, ayam petelur yang dibudidayakan tanpa kandang biasanya akan berpencar membentuk kelompok masing-masing.

Logika, jika pakan yang diberikan tak merata maka tumbuh kembang antar ayam satu dengan yang lainnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, agar pakan merata sebaiknya ransum pakan dan minuman diletakkan pada titik-titik ayam yang berkumpul.

Baca Juga : Jengger Ayam Ternyata Ampuh Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

  • Telur dan Daging Lebih Sehat

Metode ini dapat menghasilkan daging dan telur yang lebih alami yang bebas dari bahan pengawet dan suntik ayam. Sebab, cara beternak metode ini juga bersifat alami dimana kondisi ayam dalam keadaan fit dan tidak stres. Hasilnya, ayam juga akan menghasilkan telur yang banyak serta berkualitas.

  • Ayam Petelur Lebih Lincah

Dengan diternak tanpa kandang, ayam petelur akan lebih leluasa menyesuaikan geraknya sehingga lebih lincah dan produktif jika dibandingkan ayam yang terkurung dalam kandang. Ayam juga bisa mencari makan sendiri secara leluasa.

  • Hemat Pakan

Dengan cara mengumbar ayam, sudah dipastikan pengeluaran untuk pakan akan jauh lebih hemat. Hal ini didasarkan dengan biaya yang minim untuk jenis metode ini.

Namun dibalik dari keuntungan yang dapat dirasakan dari cara beternak ayam tanpa kandang harus diperhatikan juga dampak lainnya. Karena diternak secara terbuka, maka cuaca yang tak menentu pun kadang tak bisa dihindari sehingga akan menimbulkan penyakit pada ayam.

Baca Juga : Atasi Kanibalisme Ayam dengan Cara Yang Paling Ampuh