BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Cara Membuat Kotak Ayam Bertelur Yang Wajib Bagi Peternak!

Cara Membuat Kotak Ayam Bertelur Yang Wajib Bagi Peternak!

Kotak ayam bertelur merupakan salah satu tempat penting khususnya bagi ayam kampung. Kenapa?

kotak ayam bertelur - agen sabung ayam

Ayam petelur memerlukan wadah yang baik agar dalam penetasan telurnya ayam bisa merasa nyaman. Selain itu, ketika induk ayam bertelur hal yang harus diperhatikan adalah air minum dan pakan harus selalu tersedia dalam kotak ayam bertelur.

Baca Juga : Forum Ayam ~ Ayam Petelur terbaik Di Dunia White Leghorns

Ada beberapa jenis kotak ayam bertelur, dimana pembuatan nya bisa dari berbagai macam bahan. Di antaranya ada yang dari kayu, bambu atau kawat.

Masing-masing kotak ayam dibuat berdasarkan selera dan keinginan dari para peternak. Namun, semua dipastikan memiliki fungsi yang sama.

Kotak ayam bertelur sebaiknya dibuat sesuai dengan standar yang baik. Pasalnya, jika tempat ayam bertelur yang bagus maka ayam akan bisa menghasilkan telur dengan baik dan bisa diambil dengan mudah.

Maka dari itu, simak bagaimana cara mudah pembuatan kotak ayam bertelur. Agen sabung ayam akan membahas apa saja yang digunakan kepada para pecinta ayam.

kotak ayam bertelur

Baca Juga : Cara Obati Penyakit Kurap Pada Ayam, Tradisional vs Obat Kimia!

Cara Mudah Pembuatan Kotak Ayam Bertelur

Bahan-bahan :
– Kayu (papan dan balok)
– Triplek
– Atap (seng, asbes, dan lain-lain)
– Paku
– Jerami padi atau kain (untuk alas tempat bertelur)

Caranya :
1. Alas tempat untuk telur dibuat miring dengan memakai kawat agar telur bisa menggelinding langsung berkumpul menjadi satu (tidak sulit diambil).

2. Kotak lalu diletakkan di tempat yang lebih tinggi dari tempat bertengger sehingga tidak terkena injak ayam.

3. Perhatikan ukuran luas tempat bertelur, dimana tiap bloknya dibuat dengan ukuran 35 x 35 x 35. Setiap blok diikat sekat.

Kotak ayam untuk bertelur ini memiliki ukuran 30 cm x 35 cm x 45 cm dengan kapasitas 4-5 ekor ayam. Sekat tiap blok bertujuan agar ayam tidak bertelur secara bersama-sama dalam satu blok.

Kandang bertelur pun diusahakan dibuat sekitar 50 cmn lebih tinggi dari tanah. Kandang juga bisa terbuat dari bambu atau dengan kombinasi kayu dan kawat ram yang diberi atap.

Demikian pembahasan mengenai ‘cara membuat kotak ayam bertelur’. Semoga dapat berguna dan bisa dijadikan refrerensi bagi para pecinta ayam.

Baca Juga : Penyakit Swollen Head Syndrome (SHS)/Sindroma Kepala Bengkak Ayam