BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Cara Membuat Probiotik untuk Ayam Broiler dengan Air Kelapa

Masyrakat khusus nya para pecinta ayam mempunyai beragam pendapat tentang penggunaan probiotik untuk ayam broiler. Mari kita bahas lebih rinci sejauh apa kegunaan dari penggunaan probiotik ini.

probiotik untuk ayam broiler - agen sabung ayam

Pengeluaran untuk pakan ternak biasanya tergantung pada pakan dari ternak ayam itu sendiri. Oleh karena itu, probiotik bisa menjadi pilihan terbaik untuk menekan biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga : 4 Obat Cacing Ayam Bangkok dengan Metode Tradisonal

Berdasarkan pendapat dari pakar sekaligus praktisi, Suharto mengatakan jika probiotik bisa sangat bermanfaat bagi ternak terutama ayam. Menurutnya, manfaat utama dari pemakaian probiotik pada ternak adalah lahirnya efiensi dan produktivitas ternak.

Salah satu contohnya ialah pada ayam potong dan petelur, yang dapat menghasilkan konversi pakan yang membaik. Efeknya biaya untuk pembelian pakan pun bisa lebih hemat.

Manfaat Probiotik
1. Meningkatkan nafsu makan dan pertumbuhan ayam broiler
2. Mempercepat waktu panen dan menghemat pakan ayam broiler
3. Meningkatkan bobot ayam broiler.
4. Meningkatkan penyerapan protein pada pakan agar bisa menjadi daging secara maksimal.
5. Menghilangkan/mengurangi bau kotoran ayam akibat amoniak dan gas beracun.

Kali ini, agen sabung ayam akan membagikan info tentang bagaimana memanfaatkan limbah air kelapa sebagai bahan dasar pembuatan probiotik. Air kelapa memang mengandung glukosa dan mineral, sedangkan sumber bakteri untuk persediaan probiotik yang digunakan berasal dari ingesta rumen.

Proses Pembuatan Probiotik

Bahan-bahan :

  • Air bersih (9 liter)
  • Air Kelapa Murni (dari 1 butir kelapa tua)
  • Yakult (2 botol)
  • Molasses, Tetes Tebu/Gula Jawa/Gula Merah (1/2 liter)
  • Jerigen 10 liter (1 unit)

Baca Juga : Perhatikan Radang Sendi Pada Ayam Akibat Virus (Virus Arthritis)

Cara Pengolahan Bahan Probiotik Radal

  • Masukkan air bersih 9 liter ke dalam jerigen bersih
  • Lalu tuangkan 2 botol yakult, 1/2 liter molasses, 1 butir Ragi Tape (yang sudah ditumbuk halus). Setelah itu campur air kelapa murni ke dalam jerigen yang berisi air bersih.
  • Kocok jerigen selama 1-2 menit agar semua bahan bisa melarut rata.
  • Gula merah/Molasses yang dipanakan agar mencair, dapat didinginkan dulu sebelum dicampur dengan bahan lainnya.
  • Setiap 1-2 hari sekali tutup jerigen dibuka untuk mengeluarkan gas fermentasi. Tahap terakhir ialah jerigen dapat ditutup rapat kembali.

Cara Pemberian Probiotik untuk Ayam Broiler

Setelah 7 hari proses fermentasi, probiotik sudah bisa digunakan. Probiotik biasanya dicampurkan dengan air minum pada ayam.

Anda bisa mencampurkan 1 tutup botol Aqua hasil fermentasi Probiotik untuk setiap liter air minum ayam. Hasil penelitian pun menyatakan bahwa fermentasi ini aman dan tidak berbahaya bagi ayam itu sendiri.

Sifat bakteri lactobacillus dan yeast berguna sebagai pengurai makanan, serta dapat dicerna baik oleh usus ayam. Dengan begitu, pakan yang diserap dapat dimaksimalkan menjadi daging dan nafsu makan ayam pun meningkat.

Baca Juga : Khasiat Susu untuk Ayam, Rasakan Ayam Gemuk dalam Sekejab!