BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Cara Obati Penyakit Kurap Pada Ayam, Tradisional vs Obat Kimia!

Cara Obati Penyakit Kurap Pada Ayam, Tradisional vs Obat Kimia!

Penyakit kurap pada ayam biasa disebut juga dengan korep. Penyakit ini biasanya sering ditemukan di daerah kulit seperti halnya yang terjadi pada manusia.

penyakit kurap pada ayam - agen sabung ayam

agen sabung ayam – Penyakit kurap/korep ditandai dengan lapisan jamur berwarna putih. Pada umumnya menyerang area muka ayam, bahkan jika sudah parah maka penyakit ini akan menyebar ke seluruh permukaan kulit dan merontokkan bulu.

Baca Juga : Penyakit Swollen Head Syndrome (SHS)/Sindroma Kepala Bengkak Ayam

Dampak Pentakit Kurap terhadap ayam :

  • merusak jaringan kulit
  • Bulu ayam menjadi rontok
  • Ayam menjadi lemas atau lesu
  • Membuat jenis ayam hias akan kehilangan keindahannya

Penyakit ini jika tidak segera ditangani maka akan sangat mengganggu, oleh karena itu ada baiknya kita bersama membahas bagaimana cara penyembuhannya.

Penyebab Penyakit Kurap Pada Ayam

Selayaknya yang biasa dirasakan oleh manusia, faktor utama yang menyebabkan penyakit kurap bisa timbul yaitu masalah kebersihan. Kurangnya kebersihan dari permukaan kulit ayam biasanya berada pada segi perawatannya.

Kurangnya perawatan dalam membersihkan kepala ayam bisa menyebabkan korep/kurap. Faktor lainnya bisa saja terjadi karena tertular dari ayam lain pada saat di arena.

Baca Juga : Berbagai Ciri Ayam Pukul Saraf Berbahaya dan Mematikan!

Cara Mengobati Penyakit Kurap Pada Ayam

Dengan Pemberian Obat

  • Berikan salep Alber-T, muka ayam disarankan jangan terkena air selama pemakaian salep Alber-T.
  • Berikan obat daktarind, diberikan pada pagi dan sore hari dengan cara dioleskan selama satu minggu.
  • Berikan obat per Oral Nizoral 200 mg, diberikan pada ayam dengan dosis 1 tablet x hari. Pemberian obat ini selama 2-3 hari, lalu diamkan selama satu minggu dan ayam jangan dimandikan.
  • Berikan salep ‘Betadine
  • Berikan ketosonasol, yang berupa salep atau pil.
  • Berikan salep Formico. Formico terdapat 2 macam, berupa salep dan tablet. Jika penyakit kurap pada ayam tergolong parah atau ke seluruh badan maka bisa mengoleskan salep ini 1x seminggu.

Dengan Pemberian Obat Herbal

  • Lengkuas
    Lengkuas dikenal sebagai bahan rempah yang bersifat anti jamur, maka dari itu sangat cocok untuk penyakit kurap. Caranya : Lengkuas bisa dimemarkan (dihancurkan), lalu tempelppkan lengkuas yang sudah dihancurkan tersebut ke area kulit ayam yang terkena kurap.
  • Daun Tembakau
    Caranya : Ambillah beberapa helai daun tembakau, kemudian ditumbuk hingga halus. Lalu, bisa dioleskan secara merata pada kulit ayam yang terkena kurap. Lakukan secara rutin 1-2 kali setiap hari.
  • Bawang putih
    Caranya : tumbuklah bawang putih hingga halus, lalu aplikasikan ke area kulit ayam yang terinfekssi jamur kurap.
  • Belerang
    Belerang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit yang terbukti efektif. Belerang jenis cair bisa dijadikan alternatif untuk diberikan ke daerah kulit kurap. Tunggu hingga beberapa menit kemudian bersihkan. Lakukan secara rutin selama 1-2 kali setiap hari. Saat ini belarang cair cukup mudah ditemukan di toko obat-obatan.

Demikian penjelasan singat mengenai Cara Obati Penyakit Kurap Pada Ayam, Tradisional vs Obat Kimia. Agen Sabung Ayam merangkum dari beberapa pengalaman bobotoh yang sudah teruji efektif untuk menyembukan penyakit kurap seperti ini.

Baca Juga : Obat Herbal untuk Ayam Demi Kelangsungan Hidup yang Sehat