Uncategorized

Cara Pengobatan Tulang Keropos (Osteoporosis) Pada Ayam

Cara Pengobatan Tulang Keropos (Osteoporosis) Pada Ayam

Penyakit tulang keropos atau osteoporosis dikenal juga dengan sebutan caged layer paralysis atau caged layer fatigue. Bukan hanya menyerang manusia, penyakit ini bisa timbul pada ayam petelur yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan keropos. Fatalnya, ayam bisa mengalami kelumpuhan bahkan mati secara mendadak.

tulang keropos pada ayam

Baca Juga : Waspadai Penyakit Pada Organ Hati Ayam Kesayangan!

Kali ini agen sabung online pun tak bosan untuk membagikan informasi penting agar ayam kesayangan tidak terserang penyakit tersebut.

Penyebab Penyakit Tulang Keporos (Osteoporosis) Pada Ayam

tulang ayam

Penyebab osteoporosis disebabkan berkurangnya jumlah jaringan, D3, kalsium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk menopang tubuh. Lebih spesifik lagi, hal ini terjadi dikarenakan terjadi penurunan sejumlah tulang cortirat dan trabecula (cancetous).

Gejala penyakit ini ditandai dengan ketidakmampuan ayam untuk berdiri, serta kerusakan pada bagian tulang paha (femur). Ayam yang terserang penyakit ini bisa saja sembuh secara alami (tanpa pengobatan) jika ditempatkan di dalam kandang litter.

Pencegahan Penyakit Tulang Keropos (Osteoporosis) Pada Ayam

Penyakit osteoporosis bisa dicegah dengan cara memberikan pakan yang mengandung kandungan kalsium, fostor, dan vitamin D3 yang seimbang. Pemberian antioksidan seperti santoquin, enthoxyquin, dan BHT ialah beberapa zat sebagai penopang vitamin D3. Selain itu, batu kapur atau kulit kerang juga bisa dijadikan alternatif guna menambah unsur kalsium pada ayam.

Baca Juga : 2 Cara Mengobati Penyakit Manik atau Goham Pada Ayam

Pengobatan Penyakit Tulang Keropos (Osteoporosis) Pada Ayam

Pengobatan penyakit osteoporosis pada ayam tergolong lebih mudah dibandingkan dengan pengobatan penyakit pada organisme. Langkah pengobatan yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut :

1. Ayam yang kekurangan vitamin D3 dapat diobati dengan cara menambahkan vitamin D ke dalam pakannya. Pemberian vitamin ini harus dilakukan secara rutin yaitu 3x lebih banyak daripada dosis normal. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan memberikan pakan seimbang yang direkomendasikan.

vitamin D3

2. Ayam yang kekurangan kalsium dapat diobati dengan cara memberikan satu gram kalsium karbonat dalam bentuk kapsul gelatin. Hal ini dapat dilakukan setiap hari selama beberapa hari sampai ayam menunjukkan kondisi kesembuhan.

kapsul kalsium

3. Ayam yang dipelihara di dalam kandang, dapat diobati dengan cara mengeluarkan ayam dari kandang dan menaruhkan di lantai sampai sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai “Tulang Keropos (Osteoporosis) Pada Ayam”. Semoga dengan artikel ini, para pecinta ayam bisa memahami penyakit osteoporosis dan cara mengobatinya.

Baca Juga : Alternatif Praktis Membuat Pakan Ayam, Contek Caranya Yuk!