BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Cara Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Irit Biaya

Setiap peternak pasti menginginkan ayamnya sehat dengan pengeluaran biaya yang minim. Anda pun wajib tahu cara racikan pakan ayam bangkok yang peling hemat.

pakan ayam - agen sabung ayam

Baca Juga : Kandidiasis Pada Ayam Yang Patut Untuk Diketahui oleh Peternak!

Namun, terkadang belum tentu bisa sesuai dengan kebutuhan yang di dapat oleh ayam. Sebaliknya, untuk sesuai dengan kebutuhan ayam belum tentu sesuai dengan budget dari peternak itu sendiri.

Maka dari itu harus diperhatikan secara khusus mengenai kebutuhan ayam dengan pengeluaran harus seimbang. Berikut agen sambung ayam akan menjelaskan alternatif membuat racikan pakan ayam bangkok yang paling hemat.

Cara Membuat Kombinasi Pakan Ayam Bangkok Paling Hemat

  • Mengombinasikan voer (konsentrat) dengan Nasi
    Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, hanya perlu mencampurkan voer dengan nasi putih yang disiram dengan air. Aduk hingga merata, selanjutnya diamkan hingga mengembang. Pakan kemudian bisa diberikan kepada anak ayam. Anda bisa dengan mudah untuk langsung menerapkannya di rumah.
  • Mengkombinasikan voer (konsentrat) dengan berbagai jenis pakan
    Tahap ini anda bisa mencampurkan voer dengan berbagai jenis pakan lainnya. Seperti ampas tahu, dedak, menir jagung, tepung ikan dan pakan sejenisnya

Cara ini akan jauh lebih hemat karena harga pakan tambahan tergolong jauh lebih murah jika dibandingkan dengan voer. Selain itu, kebutuhan gizi ayam bangkok akan lebih terjamin serta bisa tumbuh lebih maksimal.

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Lancuran dan Induk Ayam

  1. Membuat Pakan Tanpa Mengolah
    Cara ini hampir sama dengan sebelumnya, tapi kali ini voer digantikan dengan jagung. Anda bisa mencampurkan jagung dengan berbagai jenis pakan lain seperti dedak, gabah, nasi, ubi dan lainnya.
  2. Membuat Pakan Olahan
    Bahan utama yang dapat digunakan ialah beras jagung dan beras putih. Selanjutnya bisa dimasak dengan menambahkan bahan lainnya seperti ubi, tepung ikan dan bisa juga ditambah dengan sayuran.

Cara ini sangat berguna jika anda memelihara banyak ayam bangkok. Anda pun bisa memasak menggunakan kompor atau pun rice cooker.

Baca Juga : Jenis Penyakit IB (Infectiuos Bronchitis) Pada Ayam!

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Aduan Dewasa

Pada umumnya untuk pakan ayam aduan dewasa adalah jagung, beras merah dan gabah. Namun, Anda bisa melakukan sedikit kombinasi dengan racikan pakan buatan.

Racikan pakan untuk ayam yang dibahas diatas juga cocok diberikan kepada ayam bangkok dewasa. Tetapi, sebaiknya pemberian porsi hanya setengah saja, misalnya di pagi hari lalu di sore hari ayam dewasa diberikan jagung dan beras merah.

Jika dilakukan dengan teratur maka bobot ayam akan jauh lebih ideal serta pertumbuhan otot lebih cepat. Karena pada biasanya ayam yang hanya diberikan pakan jagung, ketika memasuki proses rawatan ayam akan kehilangan berat badan.

Kapan Waktu Pemberian Pakan yang Baik?

Masalah pada waktu pemberian pakan nyatanya memang harus diperhatikan dan tidak boleh dianggap sepele. Waktu ransum yang paling tepat ialah pada saat pagi hari serta menjelang sore.

Pada pagi hari berikan porsi secukupnya saja dan pada saat sore berikan pakan dengan porsi yang lebih banyak.

Demikian penjelaasan mengenai Cara Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Irit Biaya. Seorang peternak juga harus bisa mengirit pengeluaran biaya, diimbangi dengan menghasilkan ayam-ayam yang sehat dan bugar.

Baca Juga : Pelajari Penyakit Omphalitis Pada Ayam (Radang Pusar)