BERITA HOT

Forum Ayam – 4 JENIS AYAM LOKAL TERMAHAL

FORUM AYAM – Ayam lokal mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemar nya. Ayam lokal selain tangguh untuk di adu juga mempunyai kelebihan lainnya, misalnya suara yang dihasilkan.

FORUM AYAM

 

FORUM AYAM – 4 JENIS AYAM LOKAL TERMAHAL

Harga ayam lokal ternyata juga tidak kalah mahal dengan ayam luar negri seperti ayam bangkok ataupun ayam siam. Ternyata setelah dicek oleh FORUM AYAM , harga jenis ayam lokal ini cukup membuat tercengang juga. Adapun ringkasan 4 jenis ayam lokal termahal yakni,

  • Ayam Pelung

Ayam ini kabarnya diketemukan pada tahun 1850 di deda Bunikasih, kecamatan Warungkondang, Cianjur. Seorang petani yang bernama Djarkasih menemukan seekor anak ayam jantan di kebun nya. Anak ayam ini tumbuh dengan pesat. Ciri khas ayam Pelung ini adalah ayam jago nya berpostur tinggi, mempunyai koko yang khas (mengalun melengkung), dan tumbuh dengan cepat. Asal nama ayam Pelung didapat dari bahasa sunda Mawelung atau Melung yang berarti melengkung sesuai dengan suara kokok nya. Harga ayam Pelung juara kontes ini dapat mencapai 20 juta rupiah.

FORUM AYAM

 

  • Ayam Ketawa

Suara kokok ayam ini yang menyerupai suara orang tertawa membuat ayam ini sangat unik. Ayam Ketawa ini dulunya dipelihara dan diternak oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Pada jaman dahulu ayam Ketawa merupakan simbol dari status sosial atau bangsawan. Harga seekor ayam ketawa ini dapat mencapai 40 juta rupiah.

FORUM AYAM

 

  •  Ayam Kukuak Balenggek

Nama ini cukup asing di kalangan para pecinta ayam hias. Popularitas ayam Kukuak Balenggek masih kalah dibandingkan ayam Pelung atau ayam Ketawa. Ayam Kukuak Balenggek berasal dari kabupaten Solok, Sumatra Barat. Nilai lebih ayam ini dari suara kokok nya yang bertingkat mulai dari 3 hingga 12 lenggek bahkan 19 lenggek. Kokok ayamnya pun terdiri dari 6-15 suku kata tergantung faktor genetik dan pelatihan yang diterima ayam tersebut. Harga ayam pemenang juara kontes dapat mencapai 20 – 40 juta rupiah dan bahkan lebih, tergantung dari tingkat suaranya.

FORUM AYAM

 

  • Ayam Cemani

Ayam Cemani berasal dari Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Ayam Cemani dapat mudah dikenali dari warna seluruh bulu tubuh nya yang hitam mengkilat. Bahkan lingkar mata ayam Cemani ini pun hitam legam. Daging dan organ dalam ayam Cemani ini pun juga hitam. Menarik bukan? Namun jangan salah harga seekor ayam Cemani dapat mencapai lebih dari 40 juta rupiah. Ayam ini kabarnya populer di dunia perklenikan atau perdukunan.

FORUM AYAM

 

Demikian ringkasan 4 ayam lokal termahal yang di rangkum oleh FORUM AYAM . Semoga menarik dan dapat membantu anda semua para pecinta ayam. 🙂