BERITA HOT

Forum Ayam ~ Mengenal Ayam Naked Neck

Forum Ayam – Jenis ayam ini disebut dengan Ayam Naked Neck karena secara alami jenis ini tidak memiliki bulu pada bagian leher nya. Naked neck dalam bahasa Inggris dapat berarti leher telanjang. Ayam yang satu ini sering disebut dengan Transylvanian Naked Neck, serta Turken.

Penamaan Turken diberikan karena kekeliruan orang jerman yang menyangka bahwa burung merupakan hasil kawin siang antara ayam dan kalkun domestik. Sedangkan Penamaan transylvanian naked neck karena habitat aslinya dari daerah Transylvania.

Forum Ayam ~ Ciri Ayam Naked Neck

Ciri Ciri Dari Ayam Naked Neck :

1. Memiliki leher yang tidak ditumbuhi bulu dan berwarna merah.
2. Memiliki 5 warna bulu yaitu : hitam, putih coklat, merah, dan biru.
3. Berjenger Single Comb.
4. Bobot Tubuh jantan 3.9 kg dan betina memiliki botot seberat 3 kg.
5. Memiliki kulit berwanra kuning.
6. Telur dari ayam ini berwarna coklat.

Forum Ayam ~ Alasan Kenapa Ayam Ini Tidak Memiliki Bulu

Ayam ini pertama kali muncul di Eropa Tengah dan kemudian ayam ini masuk ke Inggris pada tahun 1920. Jenis ayam ini penah masuk dalam American Poultry Association pada tahun 1965. Sebuah studi baru telah menemukan adanya sebuah mutasi genetic secara acak yang menyebabkan kelebihan jumlah produksi molekul penghilang bulu.


Mutasi tersebut mengakibatkan leher pada ayam ini menjadi telanjang tanpa ada bulu. Secara umum hal tersebut merupakan mutasi genetik buruk bagi perkembangan binatang. Tapi jangan salah, bagi ayam kemampuan tersebut membantu ayam ini untuk bertahan di suhu panas.

Tetapi , berdasarkan tes DNA dari ilmuwan institut Rosilin di University of Edinburgh, Inggris, peternak ayam ini tidak perlu khawatir. Dr. Denis Headon, menilai keberadaan ayam naked neck ini justru dapat membantu peternak menghasilkan ayam yang lebih bisa beradaptasi dengan habitat beriklim panas.

Forum Ayam ~ Kelebihan Ayam Naked Neck

Kelebihan Dari Ayam Naked Neck adalah sebagai berikut :
1. Ayam ini memiliki tahan akan cuaca panas. Hal ini di sebabkan jumlah bulunya yang jauh lebih sedikit dari ayam jenis lain
2. Jenis ayam ini memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap serangan penyakit.
3. Ayam ini merupakan ayam Dwiguna ( di  pelihara untuk di dapatkan telur dan dagingnya ).

 Sekian artikel ini kami rangkum untuk anda, semoga dapat menambah wawasan para pembaca sekalian.

FORUM AYAM