BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Forum Ayam ~ Merawat Ayam Laga Atau Ayam Aduan Yang Terluka

Forum Ayam – Setiap ayam petarung pasti akan diturun kan kearena sabung ayam ( laga ayam ). Pertarungan antar ayam jago ini pasti akan menyebabkan luka di kedua belah pihak baik menang atau pun kalah. Terkadang ayam yang di adu dalam arena sabung ayam pulang dalam kondisi kritis dan bisa saja tak bernyawa.

Membawa pulang ayam dalam kondisi terluka sangat berbahaya karena bisa saja kondisi luka itu bersifat fatal sehingga haru segera di obat. berikut kami memberikan Tips untuk anda tentang cara merawat ayam seusai berlaga.

Forum Ayam ~ Merawat Ayam Laga Atau Ayam Aduan Yang Terluka Setelah Laga

Forum Ayam ~ Perwatan Sebelum Dibawa Pulang Ke Rumah

Setelah sabung ayam selesai usahakan mandi kan ayam anda hingga bersih. Pada ayan yang kalah harapan untuk bertarung kembali di sabung ayam sangat rendah karena gangguan mental yang dihadapi nya, bukan berarti ayam tersebut tidak akan pernah bs bertarung kembali akan tetapi butuh perawatan khusus.

Forum Ayam ~ Penangan Khusus Untuk Ayam Yang Kalah Bertarung :


* Sesegera mungkin bersihkan bagian tengorokan ayam, biasanya terdapat lendir dan darah. Usap dengan menggunakan kapas atau benda halus lainnya
* Setelah dibersihkan beri minum ayam anda dengan menggunakan perasan sponge atau kain lap. Jangan diberi terlalu banyak minuman cukup 1 kali saja.
* Mandikan ayam anda hingga noda darah di tubuh ayam anda hilang.
* bersihkan kotoran bekas luka  sabung ayam dengan menggunakan sponge, kain atau sapu tangan akan tetapi jangan menggosok di bagian luka kareana kan menyebabkan rasa sakit pada ayam.
* Keringakan ayam dengan menggunakan kain atau sponge yang tidak terkena air.
* Setelah kering beri antiseptik seperti Obat merah , betadin atau kulit bagian dalam cabai merah atau cabai rawit yang isinya sudah dihilangkan, Cara ini dilakukan agar luka lebih cepat pulih.

Forum Ayam ~ Perwatan Dan Pemberian obat

Pemberian obat memang harus dilakukan, namun harus sesuai kebutuhan. Terkadang luka yang dialami menganga atau terbuka. Luka tersebut dapat dijahit dengan benang jahit biasa. Untuk obat dalam, berikan antibiotik agar lukanya segera sembuh.

Selain itu, berikan juga obat anti-radang dan anti-sakit selama tiga hari. Dosisnya cukup 1 kapsul atau tablet per hari. Untuk meningkatkan kembali tenaga yang seudah terkuras saat pertarungan, ayam sebaiknya diberi pil penambah tenaga, misalnya Hemaviton kapsul sebanyak satu butir. Pemberiannya bersamaan dengan pemberian obat dalam sebelum ayam dibawa pulang.

Untuk ayam yang matanya terkena taji, sebaiknya diberikan getah pohon kelor. caranya, daun kelor dipetik bersama tangkainya, lalu lembar daun dipatahkan dari tangkainya. Dari patahan tadi akan keluar getah. Getah ini diteteskan ke mata yang terluka, cukup sebanyak 2-3 tetes.

Cara lain, lembar daun dicuci, kemudian dilumatkan, dan diperas airnya, diserap dengan kapas, kemudian diperas dan diteteskan pada mata yang terluka. Setelah itu, mata ditutup plester. Bila esoknya mata masih bengkak, berikan kembali getah kelor. Biasanya mata akan pulih dengan perlakuan ini.

Forum Ayam ~ Merawat ayam aduan setelah ayam dibawa pulang ke rumah

* Setelah sampai dirumah usahakan segera mengistirahatkan ayam anda, minimal – minimal nya sebanyak 10 hari,anda juga harus mengecek kondisi ayam anda pada 3 hari pertama.
* Selama 3 hari pertama pengobatan pada ayam harus rutin, ayam harus diberikan antibiotik. Selain itu ayam pun harus dimandikan setiap harinya dan harus dijemur dibawah sinar mata hari agar tetap segar dan bugar .
* Setelah 3 hari ayam harus dilepas dari kandang dan untuk mempercepat penyembuhan anda juga boleh mengumbar ayam anda dengan ayam betina lain. Cara ini digunakan agar stamina ayam lebih cepat pulih dan akan tampak lebih segar.
* Jika anda sudah mencapai 10 hari ayam dapat kembali dilatih untuk sabung ayam berikut nya.

Demikian artikel ini kita rangkum dengan tujuan agar dapat menjadi refensi bagi anda yang membutuhkannya.