BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Gantikan Pakan Jagung dengan Pakan Nasi Aking Untuk Ayam!

Membuat pakan nasi aking saat ini menjadi pilihan untuk bisa menggantikan pakan jagung yang bisa diberikan untuk ayam. Hal ini dikarenakan biaya produksi pakan nasi aking jauh lebih murah.

Nasi aking biasanya disebut juga dengan karak memang terbilang sangat murah. Harganya biasa sekitar Rp. 1.900,- per kilogramnya.

Baca Juga : Kekurangan Nutrisi Pada Ayam Harus Dicermati

Keuntungan lebih pun bisa didapatkan dari nasi aking dibandingkan jenis pakan lainnya. Pilihan terbaik ialah memang dikarenakan tarif yang paling murah hingga bahan yang sangat mudah didapat.

Nasi aking bisa dibeli dari para penjual nasi aking, serta juga bisa ditemukan diberbagai rumah makan. Biasanya pada rumah makan sudah pasti tersedia dalam jumlah banyak.

Kandungan Antara Pakan Jagung dan Pakan Nasi Aking

Seperti yang diketahui jika jagung mengandung sumber karbohidrat yang baik. Kandungan gizinya juga lengkap, yaitu :

– Sumber provitamin A – Dengan protein 9% – Energi metabolisme 3350kcal/kg – Caroten 17mg/kg

Sedangkan nasi aking sendiri juga memiliki kandungan cukup bagus untuk digunakan. Bahkan, dibandingkan dengan jagung, energi metabolisme dan proteinnya dipastikan lebih tinggi.

Berikut rincian gizi lengkap nasi aking :

– Protein 8 -10% – Energi metabolisme 2500 – 2800kcal/kg – Minim caroten – Minim vit A

Baca Juga : Pengaruh Jenis Pakan Terhadap Telur Ayam Serta Warna Daging

Meski pakan nasi aking bisa dijadikan pilihan terbaik, namun tak semua jenis ayam bisa menghasilkan kualitas baik dengan pakan ini. Sebaiknya untuk pakan ternak petelur jangan diberikan jenis pakan nasi aking.

Pasalnya, dengan pakan tersebut kualitas telur yang dihasilkan akan menurun. Pada umumnya jenis ayam kampung petelur yang diberikan pakan nasi aking biasanya telur akan berubah dari kuning pekat menjadi agak keputihan.

Selain itu, dari produksi telurnya pun bisa menurun drastis. Oleh karena itu tidak disarankan jika memiliki ayam kampung diberikan jenis pakan ini.

Lalu jenis ayam apa yang biasanya bagus untuk diberikan pakan nasi aking? Para peternak bisa memberikan pakan nasi aking jika jenis ternaknya berupa ternak pedaging.

Namun jika memang menginginkan kualitas yang terbaik maka sudah sepantasnya mengeluarkan modal yang lebih pula. Peternak bisa memilih pakan yang lebih berkualitas daripada dengan nasi aking.

Baca Juga : Kelebihan Ayam Wiring Galih dengan Berbagai Keunikannya