BERITA HOT

Hati-hati Ayam Terkontaminasi, Bisa Sebagai Pembunuh!

Hati-hati Ayam Terkontaminasi, Bisa Sebagai Pembunuh!

Hati-hati ayam terkontaminasi, tak banyak yang tau jika hal itu bisa saja berubah sebagai ‘Pembunuh’ bagi manusia.

Agen Sabung Ayam – Ayam termasuk ke dalam barisan 4 sehat 5 sempurna dalam sirklus konsumsi makanan manusia. Bahkan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan ayam adalah sumber protein yang menyehatkan. Namun apa jadinya jika ayam yang terkontaminasi?

Baca Juga : Bibit Ayam Broiler Berkualitas Bagi si Pecinta Ayam

Ya, ayam yang terkontaminasi sudah pasti tidak bagus karena di dalamnya mengandung berbagai sumber penyakit. Bisa saja berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Presentase konsumsi daging ayam yang terkontaminasi dari dulu selalu tinggi. Bahkan daging babi berada pada urutan di bawahnya. Daging ayam merupakan pilihan makanan yang memang universal bagi semua orang.

Dilansir dari Men’s Health, Direktur Food Policy Institute di Consumer Federation of America, Thomas Gremillion mengatakan ayam adalah reservoir untuk salmonella. Alhasil, berdasarkan laporan tersebut diharuskan pemerintah dan industri bisa lebih aware agar bisa melindungi konsumen dari konsumsi ayam yang tidak aman.

Virus yang biasa menyerang ayam yang terkontaminasi contohnya seperti virus flu burung. Penyakit flu burung pada ayam (Avian Influenza) atau AI adalah suatu penyakit flu burung pada ayam menular yang disebabkan oleh penyakit influenza tipe A yang ditularkan oleh ternak ayam.

Ayam yang teridentifikasi penyakit flu burung sudah pasti tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Namun, terkadang masih saja banyak pedagang nakal yang hanya mementingkan keuntunganlah yang membuat para pembeli akhirnya tak sadar akan hal itu.

Jika kita sampai mengonsumsi ayam yang terkontaminasi, maka lambat laun biasanya akan mengalami diare, kram bahkan demam. Tapi, anda tak perlu khawatir karna jika anda sudah bisa memilih dan mengolah ayam dengan benar maka konsumsi ayam sudah aman.

Baca Juga : Penyakit Gumboro alias Penyakit AIDS Ayam Yang Menghantui

Cara pemilihan ayam yang segar bebas terkontaminasi :

1. Periksa warna ayam yang cerah atau berwarna merah muda. Hindari ayam berwarna pucat atau yang dihinggapi lalat, karna bisa dipastikan mengandung formalin.

2. Kemasan ayam pun sangat penting bagi yang terbiasa membeli di supermarket. Ayam potong yang bagus selalu dikemas dengan plastik dengan rapi dan rapat.

3. Hindari adanya darah ayam, dikarenakan ayam bisa saja terindikasi tidak steril. Bisa saja ayam tersebut sudah banyak tersentuh banyak tangan, sehingga bakteri semakin banyak.

4. Kemudian periksalah tekstur daging ayam. Ayam yang segar bisa terlihat dimana jika daging ditekan maka akan kembali seperti semula serta terasa empuk.

5. Terakhir, anda bisa periksa ayam yang tidak memiliki bau jika menginginkan ayam dengan daging yang segar.

Ayam yang terkontaminasi sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu kami harap jika para pecinta ayam tak akan rancu dalam pemilihan ayam. Ingat ya, Ayam terkontaminasi bisa saja menjadi pembunuh bagi kita sendiri!

Baca Juga : Sembuhkan Virus Paramyxo Pada Ayam Aduan dengan Daun Pepaya