BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Kandidiasis Pada Ayam Yang Patut Untuk Diketahui oleh Peternak!

Beberapa jenis penyakit pada unggas terutama pada ayam sering kali meresahkan para peternak. Kali ini,
agen sabung ayam  akan membahas jenis penyakit kandidiasis pada ayam.

kandidiasis pada ayam - agen sabung ayam

Baca Juga : Jenis Penyakit IB (Infectiuos Bronchitis) Pada Ayam!

Kandidiasis merupakan suatu penyakit infeksi pada saluran pencernaan, terutama pada tembolok dan kadang-kandang pada rongga mulut, esofagus dan proventrikulus. Penyakit ini terjadi karena adanya penebalan berwarna keputihan pada mukosa tembolok (ingluvies).

Beberapa jenis penyakit pada unggas terutama pada ayam sering kali meresahkan para peternak. Kali ini, agen sabung ayam akan membahas jenis penyakit kandidiasis pada ayam.

Faktor-faktor terjadinya penyakit kandidiasis, antara lain :

  • Pengguanaan antibiotik dengan jangka waktu panjang khususnya tetrasiklin.
  • Keadaan imunosupresi (gangguan sistem imunitas)
  • Malnutrisi
  • Hipovitaminosis vitamin A
  • Defisiensi asam lemak essential
  • Terserang penyakit
  • Sanitasi yang buruk

Kandidiasis biasanya sering menyerang ayam muda mulai dari umur 1-2 minggu, namun tak menutup kemungkinan semua umur pun bisa terserang penyakit ini. Jenis penyakit ini juga terdapat di berbagai jenis unggas seperti pada semua umur seperti kalkun, burung merpati, burung merak, burung puyuh, dan angsa.

Cara Penularan Penyakit Kandidiasis Pada Ayam

Pada umumnya kandidiasis bersifat tidak menular kepada sejenis ayam lainnya. Penyakit ini dapat menular melalui oral (mulut) dikarenakan mengkonsumsi pakan atau air minum yang tercemar Candida.

Selain itu, pakan atau bahan baku pakan misalnya jagung yang tercemar oleh jamur tersebut dapat merupakan sumber infeksi pada ayam.

Gejala Klinis Penyakit Kandidiasis Pada Ayam

Gejala umum penyakit kandidiasis pada tembolok ialah sebagai berikut :

  1. Kelemahan umum
  2. Berat badan turun
  3. Pertumbuhan terhambat
  4. Hambatan aliran makanan pada tembolok dengan penebalan atau diatasi dindingnya
  5. Vomitus (muntah) yang frekuen

Baca Juga : Pelajari Penyakit Omphalitis Pada Ayam (Radang Pusar)

Penanggulangan Penyakit Kandidiasis Pada Ayam

Pemberian multivitamin juga bisa dijadikan alternatif, terutama vitamin A yang akan menekan derajat keparahan dari penyakit tersebut. Meskipun demikian, pada dasarnya kondisi lapangan pengobatan terhadap kandidiasis tidak dilakukan dikarenakan hasil yang kurang memuaskan.

Pengobatan

Penyakit ini tidak secara efektif bisa langsung disembuhkan secara maksimal. Berdasarkan penelitian, kandidiasis bisa diobati dengan pemberian nistatin melalui air minum dengan dosis 62,5 – 250 mg/L yang dicampur dengan Na-lauril sulfat pada dosis 7,8 – 25 mg/L selama 5 hari.

Pemberian multivitamin juga bisa dijadikan alternatif, terutama vitamin A yang akan menekan derajat keparahan dari penyakit tersebut. Meskipun demikian, pada dasarnya kondisi lapangan pengobatan terhadap kandidiasis tidak dilakukan dikarenakan hasil yang kurang memuaskan.

Pengendalian dan Pencegahan

Ayam yang sudah terinfeksi penyakit kandidiasis disarankan untuk dipisahkan dari ayam lain yang kondisinya sehat. Kandang beserta lingkungannya dapat didesinfeksi dengan larutan 2% formaldehida atau larutan 1% NaOH selama 1 jam.

Serta diberikan larutan 5% yodium monoklorida bercampur asam hidrokolat selama 3 jam.

Baca Juga : Teknik Sterilisasi Kandang Ayam, Wajib Untuk di Bersihkan!