BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Obat Herbal untuk Ayam Demi Kelangsungan Hidup yang Sehat

Obat Herbal untuk Ayam Demi Kelangsungan Hidup yang Sehat

Ayam yang sakit sudah seharusnya diberikan obat agar tidak menjadi semakin parah. Para pecinta ayam bisa memilih obat herbal untuk ayam kesayangan yang aman, mudah didapat, serta berkhasiat.

Obat Herbal untuk Ayam

Baca Juga : Penting! Simak Cara Pemberian Vaksin Ayam Petelur

Obat yang dipilih pun seharusnya adalah obat yang alami demi mendapat efek dalam jangka panjang. Berikut agen sabung ayam akan menginformasikan obat herbal yang digunakan untuk mengobati penyakit pada ayam :

1. Obat Herbal untuk penyakit Snot

Bahan obat herbal :
– Tepung beras 300 gram
– Kencur ditumbuk halus 200 gram
– Jahe parut sebanyak 50 gram

Lalu, semua bahan yang sudah disiapkan bisa dihaluskan dan tercampur sampai merata. Jika sudah dihaluskan, maka ramuan ini dijadikan sebuah pil dengan seukuran biji jagung, kemudian dijemur hingga kering. Pil tersebut bisa diberikan kepada ayam secara rutin dua kali sehari (pagi dan sore) selama seminggu.

2. Obat Herbal untuk menambah nafsu makan

Bahan :
– Daun pepaya
– temu ireng

Daun pepaya dan temu ireng yang direbus bisa digunakan karena berkhasiat untuk menambah nafsu makan pada ayam.

3. Obat Herbal untuk penyakit pencernaan

Bahan :
– Temulawak
– Kunyit

Obat herbal bisa dibuat dengan mengguanakan temulawak dan kunyit. Bukan hanya sebagai bahan dasar dapur semata, temulawak dan kunyit ternyata juga sangat berguna bagi ayam.

Baca Juga : Waspadai Penyakit Pada Organ Hati Ayam Kesayangan!

4. Obat Herbal untuk penyakit pernafasan

Jika ayam anda mengalami penyakit pernafasan, maka jahe, gula jawa dan sereh bisa dijadikan alternatif untuk masalah pernafasan pada ayam.

5. Obat Herbal untuk cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang sering dialami oleh ayam. Penyakit cacingan disebabkan berupa parasit cacing di dalam usus ayam.

Ayam yang terserang penyakit ini bisa rutin diberikan bawang putih. Bawang putih mengandung bahan berkhasiat anthelmintik alisin yang terbukti terkandung dialil disulfida, dialil trisulfida, propil alil disulfida, dialil mono sulfilda, alil polisulfida dan squiterpene yang diyakini ampun mengobati cacingan pada ayam.

Baca Juga : 2 Cara Mengobati Penyakit Manik atau Goham Pada Ayam