BERITA HOT

Pelajari Penyakit Colibacillosis (akibat bakteri E. Coli) Pada Ayam

Penyakit Colibacillosis pada ayam merupakan penyakit pada hewan muda yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E.coli). Pada umumnya infeksi E.colli dapat menyebabkan penyakit seperti omphalitis, air sacculitis, peritonitis dan salphingitis.

penyakit colibacillosis - agen sabung ayam

Colisepticemia bisa saja menyerang berbagai tingkatan umur pada ayam. Namun, biasanya penyakit ini menyerang ayam jenis petelur yang beumur sekitar 3-5 minggu.

Baca Juga : Penyakit Helicopter Disease Yang Menyerang Ayam Kesayangan

Infeksi colibacillosis bisa bersifat lokal atau sistemik dengan berbagai bentuk.

Bentuk Infeksi Lokal Collibacillosis :
1. Omphalitis
2. Cellulitis
3. Diare
4. Salpingitis

Bentuk infeksi sistemik Colibacillosis (Colisepticemia) :
1. Colisepticemia bentuk pernapasan.
2. Neonatal colisepticemia
3. Panopthalmitis
4. Meningitis
5. coligranuloma

Jenis Penularan Penyakit Colibacillosis

Penularan penyakit dengan vertikal terjadi melalui reproduksi induk ayam, yaitu melalui ovarium atau oviduk yang terinfeksi.

Penularan horizontal terjadi dengan kontak langsung dengan ayam yang sedang sakit. Secara tidak langsung penularan bisa terjadi melalui kontak dengan peralatan kandang yang tercemar.

Selain itu, penularannya biasanya juga bisa terjadi secara oral melalui air minum yang sudah terkontaminasi bakteri. Dan itu melalui saluran pernapasan bersama debu di udara.

Dampak penularan penyakit ini pun tergantung pada umur ayam yang terserang, lamanya infeksi yang berlangsung, serta organ yang terserang. Pada ayam petelur muda (4-8 minggu) biasanya ayam-ayam mati secara mendadak dengan timbulnya gejala singkat yaitu anoreksia dan lesu.

Baca Juga : Wajib Tahu! 20 Tahap Perkembangan Embrio Ayam Dalam Telur

Pencegahan dan Pengendalian

Metode untuk mencegah infeksi pada saluran penceranaan belum diketahui dengan jelas. Namun, dengan pemberian klorin pada air minum secara tertutup (nipple) akan menurunkan terjadinya kolibasilosis.

Sumber penyebaran Escherichia coli patogen yang paling penting adalah kontaminasi feces pada telur yang sedang menetas. Menjaga kebersihan kandang, membuang telur yang pecah yang sudah terkontaminasi oleh kotoran telur dapat membantu menurunkan penyebaran bakteri Escherichia coli.

Di samping itu, faktor sanitasi kandang dan kebersihan kandang juga sangat berperan penting dalam menekan terserangnya penyakit ini. Selain itu, juga bisa diupayakan untuk menjaga litter agar jangan terlalu lembab yang bisa menjadi tempat ideal tumbuhnya kembangnya kuman.

Pengobatan Penyakit Colibacillosis Pada Ayam

Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, bisa dengan melakukan terapi antimikrobal. Terapi antimikrobial merupakan hal yang penting untuk menurunkan angka kejadian maupun mortalitas akibat kolibasilosis.

Cara lain juga bisa diberikan untuk bisa menyembuhkan penyakit ini, yaitu dengan pemberian obat-obatan dari apotik.

Diantaranya :

  • amoksisilin
  • tetrasiklin
  • neomisin (aktifitas lokal di usus)
  • gentamisin atau ceftiour (pada hatchery)
  • sulfonamid
  • fluorokuinolon untuk terapi kolibasilosis

Baca Juga : Manfaat Batu Kapur bagi Ayam Aduan dibandingkan Calk Kalsium