BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Pelajari Penyakit Omphalitis Pada Ayam (Radang Pusar)

Penyakit Omphalitis pada ayam juga disebut sebagai penyakuit radang pusar. Pada umumnya penyakit ini menyerang anak ayam yang baru menetas hingga sekitar dua minggu.

penyakit omphalitis pada ayam - agen sabung ayam

Biasanya juga terjadi infeksi kantung kuning telur yang dikenal dengan Yolk Sac Infection. Timbulnya penyakit ini dikarenakan terlambatnya kantung kuning telur terabsorsi dalam tubuh, sehingga saat menetas kantong telur masih berada diluar tubuh.

Baca Juga : Teknik Sterilisasi Kandang Ayam, Wajib Untuk di Bersihkan!

Penyebab penyakit ini dikarenakan bakteri Bacillus cereus, Stapylococcus aureus, Clostridium welchii dan Clostridium sporogenes. Namun, penyakit ini tidak termasuk penyakit yang menular.

Beberapa faktor yang beresiko terserang penyakit radang pusar ialah:

  1. Telur yang akan ditetaskan dalam kondisi retak.
  2. Sanitisasi atau kebersihan mesin tetas yang kurang terjaga.
  3. Pengaturan suhu dan kelembapan mesin tetas kurang tepat.

Penyebab utama omphalitis ialah berada pada mesin tetas. Mesin tetas yang jorok, tidak bersih dan lembab menjadi tempat tumbuhnya bakteri negatif.

Kuning telur pada saat penetasan merupakan cadangan makanan sekaligus sebagai antibody maternal untuk daya tahan tubuh. Kekebalan antibody yang terkandung dalam kuning telur dikenal sebagai gamma globulan igG / igy, antibody yang diturunkan dari induk melalui transfer kekebalan pasif bertujuan untuk melindungi dari serangan MO.

Gejala umum yang juga sering ditemui pada anak ayam terlihat lemah, kepalanya menunduk, dan bergerombol di sekitar lampu pemanas. Selain itu, perut anak ayam juga tampak buncit, pusar bengkak kemerahan dan basah.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Pullorum (Berak Kapur) Pada Ayam

Pencegahan Penyakit Omphalitis Pada Ayam

Untuk usaha pencegahan diharapkan bisa dilakukan sanitasi dalam mesin tetas. Tindakan pensucihamaan dan jaga kelembahan dalam mesin tetas terutama 3 hari terakhir masa krusial.

Selanjutnya bisa menggunakan hanya telur tetas yang kerabangnya bersih saja, kulit kotor feces yang bisa menembus kulit telur. Ada dua kemungkinan terjadi infeksi dalam telur, yang pertama telur busuk atau DOC menetas tapi dengan kondisi kantung kuning telur sudah terinfeksi bakteri.

Pembersihan mesin tetas juga sangat perlu untuk diperhatikan. Pembersihan bisa menggunakan medisep, antisep, rodalon dengan sistem semprot kabut pada dinding, lantai, rak telur, bak air atau telur sebelum di masukan mesin rendam dalam larutan medisep yang sudah diencerkan hitungan 3 detik saja langsung tiriskan.

Jika anak ayam sudah terserang omphalitis, maka akan susah untuk melakukan pengobatan. 99% anak ayam akan mengalami kematian.

Demikian informasi dari agen sabung ayam mengenai Penyakit Omphalitis atau Penyakit Radang Pusar pada ayam. Semoga bisa bermanfaat bagi para pecinta ayam agar ayam kesayangan bisa terhindar dari penyakit ini.

Baca Juga : Kupas Penyakit Paratifoid Pada Unggas Terutama Bagi Ayam