BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Penyakit Marek (Marek Disease) Pada Ayam

Penyakit Marek atau Marek Disease merupakan suatu penyakit herpes virus atau virus deoxyribonucleiacid. Penyakit ini biasanya menular melalui pernafasan dan kotoran dari ayam sakit.

penyakit marek - agen sabung ayam

Selain itu, Penyakit Marek pada umumnya menyerang ayam yang berumur tiga minggu ke atas, tapi paling sering menyerang ayam yang berumur 10-15 minggu atau 16-20 minggu. Ayam-ayam yang dipelihara secara kelompok biasanya lebih cepat tertular penyakit marek. Berikut agen sabung ayam akan membahas lebih mendalam bagaimana penyakit ini bisa menyerang ayam kesayangan.

Baca Juga : Cara Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Irit Biaya

Gejala Penyakit Mareka Pada Ayam

Beberapa gejala pada ayam yang terserang penyakit marek, antara lain :

  • Ayam menderita kejang dan kaki menjadi lumpuh. Kedudukan kaki yang satu ke depan dan kaki yang lainnya ke belakang.
  • Posisi leher terkadang seperti terputir, nafas sesak, dan berat badan menurun.
  •  Berak ayam mencret dan berwarna kehijau-hijauan.
  •  Warna bulu kusam dan sayap mengantung.

Diagnosis Penyakit Marek Pada Ayam

  1.  Sejarah Penyakit Data tentang jenis kelamin, galur ayam, wabah sebelumnya, jenis dan tanggal vaksinasi, angka morbiditas dan mortalitas harus diketahui dengan baik.
  2. Umur Ayam Penyakit Marek biasanya muncul pada umur 2-5 bulan, tetapi ada pula pada ayam yang berumur 60 minggu ke atas. Yang perlu diwaspadai ialah jika flok ayam petelur terserang Marek meskipun sudah dilakukan vaksinasi.
  3. Aspek klinis dan patologis Pada uji virologi dan serologi tidak banyak membantu dalam menentukan diagnosis karena Marek bersifat amat menular sehingga bisa dipastikan semua flok sudah terserang.

Baca Juga : Kandidiasis Pada Ayam Yang Patut Untuk Diketahui oleh Peternak!

Pencegahan Penyakit Marek Pada Ayam

Beberapa pencegahan penyakit marek yang dapat dilakukan, antara lain :

  • Ayam yang sakit segera dipisahkan dari ayam yang sehat agar tidak terjadi kontak langsung.
  • Ayam yang diberikan vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang dijaga agar tidak kotor maupun lembab, diusahakan sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang.
  • Ayam harus diberikan pakan yang bergizi dan diberi vitamin yang cukup.
  • Dilakukan vaksinasi pada ayam yang berumur satu hari. Vaksin diberikan berupa TAD Marek Vac atau vaksin Marimune atau vaksin Moravac.

Pengobatan Penyakit Marek Pada Ayam

Ayam yang terserang penyakit Marek bisa diberikan obat berupa kapsul dengan dosis 1 kapsul sebanyak 3 kali sehari untuk ayam umur kurang dari 2 bulan. Sedangkan ayam yang berumur lebih dari 2 bulan, bisa diberikan dosis 2 kapsul sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga : Jenis Penyakit IB (Infectiuos Bronchitis) Pada Ayam!