BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Penyakit Swollen Head Syndrome (SHS)/Sindroma Kepala Bengkak Ayam

Penyakit Swollen Head Syndrome (SHS)/Sindroma Kepala Bengkak Ayam

Pada kesempatan kali ini agen sabung ayam akan membahas penyakit Swollen Head Syndrome (SHS) pada ayam. Penyakit ini biasanya dikenal dengan gejala kepala membesar/kepala bengkak.

swollen head syndrome

Swollen head syndrome (SHS) merupakan suatu penyakit menular yang menyerang alat pernapasan unggas terutama ditemukan pada ayam pedaging (broiler) berumur 4-6 minggu. Sindroma Kepala Bengkak disebabkan oleh infeksi antara Coronavirus, Escherichia coli dan Pneumovirus serta Staphylococcus. E. coli.

Baca Juga : Berbagai Ciri Ayam Pukul Saraf Berbahaya dan Mematikan!

Penyakit ini bisa menyerang jenis ayam segala umur. Jika terjadi pada ayam petelur, produksi telur akan menurun sampai 30% tanpa adanya perubahan bentuk dan kualitas telur.

Gejala Penyakit Swollen Head Syndrome pada ayam :

  • Daerah kepala bengkak
  • Terlihat lesu
  • Kepala sering menunduk ke lantai kandang
  • Nafsu makan berkurang
  • Ngorok dan nyekrek

Baca Juga : Obat Herbal untuk Ayam Demi Kelangsungan Hidup yang Sehat

Penularan Penyakit Swollen Head Syndrome/indroma Kepala Bengkak Pada Ayam

Penyakit ini sangat cepat beredar dari ayam satu ke ayam lainnya. Selain itu, dapat menyebar melalui udara dan rute mekanik (makanan, minuman dan peralatan).

Penyakit ini pun secara tidak langsung dapat terjadi melalui kontak antara ayam sakit dengan ayam yang peka. Sedangkan penularan secara tidak langsung melalui kontak berbagai bahan peternatakan, alat peternakan ataupun pekerja yang tercemar virus SHS.

Penularan juga bisa terjadi melalui udara jika kandang ayam berdekatan serta apabila udara tercemar oleh debu/kotoran yang mengandung virus SHS. Tranmisi lateral pada infeksi berlangsung cepat melalui aerosol yang merupakan rute pernafasan, fomit/muntahan yang penting diantara ayam.

Periode inkubasi ialah 5-7 hari, angka morbiditas yaitu 10-100% dan angka mortalitas antara 1-10%.

Pencegahan enyakit Swollen Head Syndrome/indroma Kepala Bengkak Pada Ayam

Pencegahan pada penyakit SHS dilakukan dengan program vaksinasi. Dimana program vaksin memang sangat penting dan diperlukan oleh seekor ayam.

Ayam yang sakit dipisahkan dengan ayam yang sehat untuk menghindari penularan lebih lanjut. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan perbaikan sanitasi kandang, serta perhatikan sirkulasi udara harus baik dan terkontrol.

Pengobatan enyakit Swollen Head Syndrome/indroma Kepala Bengkak Pada Ayam

  • Semprot kandang dengan bayclin 1 + air 9 sehari sekali selama 3 hari berturut-turut. Penumovirus adalah virus beramplop yg sama seperti virus AI & ND juga mati terkena sodium hipoklorit dlm 3-5 menit. Bakteri juga sebagian besar mati oleh Bayclin 1 + air 9.
  • Ayam yang sakit harus dipisahkan dengan yang sehat. Dimana agar tidak menular ke ayam yang sehat.
  • Semua ayam dikasih minum vitachick di pagi hari. Serta obat minum yg mengandung enrofloxacin (neomeditril, baytril, apa saja terserah) selama 4-5 hari.
  • selalu bersihkan dengan sabun/sunlight cuci piring dan keringkan tempat makan & minum ayam setiap mau dipakai.

Baca Juga : Penting! Simak Cara Pemberian Vaksin Ayam Petelur