TIPS SABUNG AYAM

Penyebab Ayam Kurus Dan Susah Gemuk Meskipun Banyak Makan

Agen Sabung Ayam – Banyak pecinta sabung ayam yang mengeluh mengenai ayam bangkok miliknya yang kurus dan susah naik bobot, alias susah gemuk. Kami akan ulas mengenai kemungkinan penyebab ayam kurus dan susah gemuk.

mencegah penyakit ayam bangkok

Penyebab Ayam Kurus Meskipun Sudah Makan Banyak

para pecinta sabung ayam sering mengeluhkan mengapa ayam bangkok miliknya yang sudah makan banyak tapi tetap saja kurus. Bahkan setelah diberikan vitamin dan obat penambah napsu makan. Masalah dalam menggemukkan ayam terkadang bukan hanya dari banyaknya makan ayam tersebut. Menurut info dari sebuah agen sabung ayam, hal tersbut akan menjadi masalah untuk ayam aduan yang memiliki kelas ukuran untuk bertanding.

Kami akan berikan kemungkinan dari penyebab ayam kurus dan susah gemuk :

  • Cacingan

Penyebab paling lumrah dan paling sering ditemui pada ayam. Loh kok bisa yah ayam cacingan? Tentu saja bisa, karena cacing parasit juga terdapat pada usus ayam. Menurut info dari sebuah agen sabung ayam, cacing parasit ini akan berkembang biak dan makan dari asupan gizi yang masuk pada ayam. Artinya meskipun ayam bangkok anda makan banyak tapi asupan gizinya akan masuk kedalam cacing parasit tersebut.

penyebab ayam kurus

Namun cara penanggulangan cacingan pada ayam bangkok sangatlah mudah, cukup diberikan obat cacingan yang dicampur kedalam pakan ayam. Para pecinta sabung ayam juga dapat memberikan tambahan air perasan buah pinang kepada ayam.

  • Pakan Ayam Yang Kurang Gizinya

Kemungkinan ayam bangkok kurus adalah dikarenakan pakan ayam bangkok yang kurang bergizi. Misalnya hanya diberi beras dan air saja setiap hari. Ingat ayam juga merupakan makhluk hidup yang butuh asupan gizi yang baik seperti manusia. Menurut info dari sebuah agen sabung ayam, ayam juga butuh kombinasi pakan yang memenuhi nilai gizi yang baik.

penyebab ayam kurus

Para pecinta sabung ayam dapat melakukan kombinasi pemberian nasi, sayur-sayuran, serangga atau bahkan telur dan madu. Sebagai tambahan asupan gizi agar maksimal dapat juga memberikan jamu-jamuan untuk menggemukkan ayam bangkok kesayangan anda.

Penyebab Ayam Kurus Dilihat Dari Lingkungan

  • Keaktifan Ayam Tersebut

Terkadang kita juga harus melihat dari si ayam tersebut, bagaimana keaktifannya setiap hari. Karena ayam bangkok yang terlalu aktif bergerak tentu membutuhkan pembakaran lemak sebagai sumber energi. Para pecinta sabung ayam sebaiknya juga memperhatikan lama waktu umbaran pada ayam bangkok kesayangan anda.

penyebab ayam kurus

Jika anda merasa ayam aduan anda kurus dan susah gemuk, maka anda bisa mencoba mengandangkan ayam bangkok tersebut. Menurut info dari sebuah agen sabung ayam, dengan cara demikian maka asupan gizi akan masuk secara maksimal kedalam tubuh ayam dan tidak terbakar untuk bergerak.

  • Keturunan Dari Indukan

Menurut info dari sebuah agen sabung ayam, faktor yang mempengaruhi terkadang bisa jadi bukan dari si ayam saja, namun juga dari kedua indukan. Para pecinta sabung ayam juga harus memperhatikan pacek dan babon si ayam tersebut. Karena jika pacek dan babon yang kecil maka kemungkinan ayam bangkok yang dihasilkan juga akan mempunyai fisik dan tulangan yang kecil pula.

  • Musim Kawin Ayam

Sebagai info untuk para pecinta sabung ayam, terkadang ayam bangkok juga bisa turun bobot atau kurus pada musim kawin. Karena pada musim kawin kadang ayam jantan akan kehilangan nafsu makan dan membiarkan si betina memakan makanan tersebut.

penyebab ayam kurus

Para botoh yang berpengalaman berpendapat bahwa hal tersebut sebagai ritual pada ayam jantan yang memamerkan makanan pada sang bentina agar mau dikawinkan. Menurut info dari sebuah agen sabung ayam, biasanya selepas musim kawin ayam akan kembali naik nafsu makan dan bobot tubuhnya.

Demikian informasi menarik mengenai beberapa kemungkinan penyebab ayam kurus, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.