BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Pisahkan Anak Ayam dengan Induknya, Begini Alasannya!

Beberapa peternak ayam tentu masih bertanya, perlukah pisahkan anak ayam dengan induknya? Berikut agen sabung ayam akan menjelaskan alasan dibalik pentingnya hal tersebut.

anak ayam - agen sabung ayam

Perawatan pada ayam pada umumnya memang menjadi suatu yang penting sehingga banyak dari peternak menemukan caranya tersendiri. Harus diketahui pula jika ada kelebihan dan kekurangan dari pemisahan anak ayam dengan induknya.

Baca Juga : Penyakit Marek (Marek Disease) Pada Ayam

Tak hanya yang baru memelihara ayam, para peternak yang sudah lama memelihara ayam pun harus mengetahui alasan dibalik anak ayam dari induknya. Berikut ini beberapa alasan yang melatarbelakanginya :

Produktivitas Anak Ayam

Apabila peternak tidak dalam kepentingan untuk memproduktivitas ayam, maka tidak ada masalah jika anak ayam tidak dipisahkan dari induknya. Namun, akan berbeda jika tujuan mereka adalah untuk produktivitas ayam.

Pada umumnya jika anak ayam dipisahkan dengan induknya maka dipastikan jika induk akan lebih cepat bertelur kembali. Hal ini biasanya dikarenakan jika masih bersama induk, maka setelah anak ayam dewasa baru lah induk akan bertelur.

Pertumbuhan Anak Ayam

Faktanya, jika anak ayam dari awal sudah dipisahkan dari induknya maka akan tumbuh lebih cepat. Sebab, dengan dipisahkannya anak ayam akan lebih mendapatkan perhatian khusus dari para peternak.

Peternak akan lebih fokus merawat anak ayam dengan memberikan pakan atau asupan bergizi bagi anak ayam. Alasan tersebut biasanya yang mendorong anak ayam tumbuh dengan baik.

Resiko Kematian

Resiko kematian akan terhindar apabila anak ayam dipilih untuk dipisahkan dengan sang induk. Kenapa demikian?

Hal ini dikarenakan sang induk tidak akan bisa fokus mengurus semua anak ayam secara keseluruhan. Dengan dipisahkan maka bukan tak mungkin anak ayam lebih mendapatkan fasilitas serta perawatan khusus yang lebih memadai.

Umumnya banyak para induk yang tidak bisa memelihara anak-anaknya sehingga banyak yang mati. Untuk itu, agar anak ayam terhindar kematian alasan dipisahkan dari sang induk adalah yang terbaik.

Baca Juga : Cara Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Irit Biaya

Tidak Mudah Sakit

Anak ayam yang dirawat didalam kandang akan mengurangi resiko terserang penyakit. Di samping itu, kandang juga harus diperhatikan agar selalu bersih dan nyaman.

Kebersihan ayam harus selalu terjaga dari kotoran yang menumpukarena akan memicu timbulnya bakteri dan virus. Jika kandang mengandung banyak virus maka resiko terserang kepada anak ayam pun tinggi.

Bisa Tumbuh Ideal

Pertumbuhan ideal anak ayam akan tercipta jika terpisah dari sang induk. Hal ini sudah sangat jelas lantaran fokus utama ayam yang juara apabila memiliki bentuk tubuh yang bagus.

Maka merupakan hal yang wajar jika banyak dari para pecinta ayam aduan lebih suka memisahkan anak ayam dari induknya.

Berikut ialah penjelasan mengenai pentingnya memisahkan anak ayam dari sang induk. Semoga bisa bermanfaar bagi yang membaca terutama pecinta ayam.

Baca Juga : Kandidiasis Pada Ayam Yang Patut Untuk Diketahui oleh Peternak!