BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Terungkap! Virus Flu Burung Bisa Diatasi dengan Pemutih Pakaian

Virus flu burung menjadi momok yang tak jarang membuat para peternak was-was. Beberapa virus yang terinfeki juga bisa menular terutama virus flu burung ini.

virus flu burung - agen sabung ayam

Penyakit yang disebabkan oleh virus mudah sekali menular, baik secara langsung maupun lewat perantara benda-benda lain. Benda-benda yang dapat menyebarkan virus seperti udara, air minum, makanan, serta alat-alat peternakan yang tercemar.

Baca Juga : Simak Sindrom Kerdil Pada Ayam Broiler untuk Para Peternak

Influensa Unggas (Avian Influenza)

Influensa unggas atau Avian Influenza atau biasa masyarakat menyebut dengan flu burung merupakan penyakit pernafasan menular yang disebabkan oleh virus orthomyxo.

Terdapat dua jenis bentuk influensa, diantaranya :

1. Bentuk ringan yang biasanya mengakibatkan kemurungan, gangguan pernapasan dan diare,

2. Bentuk akut yang menyebabkan redang kantung hawa dan radang sinus dengan getah radang menkeju.

Baca Juga : Kiat Atasi Hama Gurem Pada Ayam Yang Meresahkan!

Pencegahan Virus Flu Burung dengan Pemutih Pakaian

Pencegahan yang bisa dilakukan agar virus tipe ini tidak menyebar ialah dengan cara memutus mata rantai penyebaran virus sedini mungkin. Di samping itu, tindakan pengendalian dengan satu area atau daerah yang tertular bisa dilakukan dengan cara kegiatan pembersihan dan penyemprotan daerah kandang.

Selain itu, produk pemutih pakaian yang biasa dijual dipasaran (seperti Bayclin, proclin, dll) juga bisa digunakan sebagai pencampur cairan pembunuh virus.

Caranya bisa dengan dilakukan pengenceran 1:10 menggunakan air yang dapat membunuh virus dalam kurun waktu kurang lebih 5 menit. Selanjutnya, lakukan penyemprotan pengenceran pemutih pada kandang yang telah dibersihkan terlebih dahulu serta pada lingkungan sekitar.

Selain virus flu burung berjenis amplop lipo protein, tetapi jenis virus lain yang tidak memiliki amplop protein dapat dibunuh juga.

Baca Juga : Jenis Ayam Gallus Sebagai Nenek Moyang Ayam Hutan