BERITA HOT TIPS SABUNG AYAM

Tips Memelihara Anak Ayam Kate Agar Tumbuh Subur

Tips Memelihara Anak Ayam Kate Agar Tumbuh Subur

Ayam kate atau ayam serama merupakan salah satu jenis ayam yang banyak digemari. Ayam jenis ini pun mempunyai produktivitas yang tinggi di kalangannya.

ayam kate - agen sabung ayam

Selain itu, keunikannya terlihat dari bentuk badan yang mungil, warna bulu yang beraneka ragam serta memiliki suara yang merdu. Dadanya yang membusung ke depan sehingga dijuluki ayam tipe sombong.

Baca Juga : Penyakit Asites Pada Ayam Yang Jarang Diketahui

Oleh karena itu, tak heran jika ayam ini masuk ke dalam daftar pencarian kalangan ayam hias. Biasanya para pecinta ayam memilih ayam ini karna tingkat keunikan yang dimilikinya.

Cara perawatan ayam kate juga harus diperhatikan jika dibandingkan jenis ayam pada umumnya. Cuaca yang rentan biasanya termasuk faktor terserangnya penyakit terhadap ayam ini.

ayam kate

Tips dan Cara Memelihara Ayam Kate

Tips cara memelihara ayam serama :

  • kandang ayam kate harus rutin dibersihkan
  • Perhatikan sirkulasi dalam kandang kate, pastikan sinar matahari dan udara segar dapat leluasa masuk kandang
  • Pemberian pakan yang berkualitas seperti voer atau BR
  • Pemberian berbagai suplemen agar terjaga asupan gizi ayam kate

Baca Juga : Cara Membuat Kotak Ayam Bertelur Yang Wajib Bagi Peternak!

Sedangkan cara memelihara anak ayam serama memiliki cara tersendiri, yaitu :

1. Setelah telur menetas menjadi anak ayam, segera pindahkan ayam ke dalam suatu tempat yang tertutup dan terlindung dari hempasan angin dan hawa dingin.

2. Anak ayam yang baru menetas tersebut harus disatukan dengan induk agar memperoleh kehangatan dan mendapatkan panduan induknya dalam mencari makan.

3. Tempat tersebut harus diberi tambahan alat penerangan lampu minimal 5 watt sebagai penghangat tambahan dan sebagai penerangan dalam ruang tertutup tersebut sehingga setiap saat anat-anak ayam tersebut dapat makan dan minum sesukanya tanpa dijadwal.

4. Tempat tersebut alasnya harus rata atau datar dan tidak bolong-bolong agar makanan tertampung dan berhamburan di sana, dan angin tidak masuk ke dalam ruang tersebut melalui bawah. Tapi usahakan lubang untuk pergantian udara (ventilasi) harus ada.

5. Pengontrolan agar pakan tidak kurang atau berlebihan, usahakan diberi secukupnya. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali yaitu pagi dan sore.

6. Apabila sudah menginjak pada bulan ke 3, biasanya induk induk ayam kate ini sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda mau bertelur kembali. Si induk dapat dipisahkan dari anak-anaknya. Biasanya anak-anak ayam kate ini akan ribut selama kurang lebih 1 hari setelah itu berjalan dengan biasanya dan mandiri.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak ayam kate bisa tumbuh dengan sehat dan indah. Semoga artikel dari agen sabung ayam bisa berguna bagi para pecinta ayam.

Baca Juga : Cara Obati Penyakit Kurap Pada Ayam, Tradisional vs Obat Kimia!