TIPS SABUNG AYAM

Tips Rahasia Mencegah Penyakit Ayam Bangkok Agar Tidak Menyebar

Agen Sabung Ayam – Para pecinta sabung ayam tentunya pernah mengalami ayam bangkok milik anda terserang penyakit bukan. Anda tentunya tidak ingin penyakit tersebut mewabah kesemua ayam milik anda bukan. Kami akan berikan tips rahasia untuk mencegah penyakit ayam bangkok agar tidak terjadi pada anda.

mencegah penyakit ayam bangkok

Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok

Kunci dari rahasia mencegah penyakit ayam bangkok terletak pada kandang ayam bangkok anda. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, tak banyak yang mengetahui bahwa kandang ayam merupakan faktor penting bagi kesehatan ayam bangkok anda. Bagi para pecinta sabung ayam tentunya menyadari sulitnya perawatan dan pelatihan yang diberikan, sehingga terkadang faktor kandang terkadang terlupakan. Kami akan berikan tips rahasia untuk mencegah penyakit  pada ayam bangkok anda.

kandang anak ayam

  • Pemilihan Lokasi Kandang Ayam

Lokasi kandang ayam bangkok adalah salah satu kunci untuk kesehatan ayam bangkok. Kandang yang terletak di lokasi yang buruk bisa mempengaruhi kesehatan ayam bangkok anda. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, pemilihan lokasi kandang yang bersih dapat mengurangi penyebaran penyakit ayam, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu sebelum anda memutuskan lokasi pembuatan kandang ayam, pastikan kebersihan lingkungan sekitar terlebih dahulu.

  • Tidak Mencampur Ayam Dalam Kandang

Tips mencegah penyakit ayam bangkok yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah jangan pernah mencampurkan ayam dalam satu kandang besar. Bagi para pecinta sabung ayam buatlah kandang tersendiri untuk tiap ekor ayam sehingga jika salah satu ayam terserang penyakit, maka tidak mudah menyebar. Sekat antar kandang sangat penting untuk mencegah penularan penyakit.

Mencegah Penyakit Ayam Bangkok Dari Segi Kandang

  • Utamakan Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang dan di sekitar kandang merupakan kunci utama dalam mencegah penyakit ayam bangkok. Kandang yang kotor dan lingkungan yang lembab akan menyebabkan parasit penyebab penyakit ayam bangkok berkembang biak. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, selalu lakukan pembersihan kandang secara rutin minimal seminggu sekali dan buatlah drainase (saluran air / got) agar tanah sekitar kandang bisa cepat kering dan tidak lembab.

Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, anda juga dapat melakukan desinfektan sederhana menggunakan air sabun untuk didalam dan sekitar kandang. Kandungan bahan di sabun cair atau sabun batangan dapat untuk membunuh semua kuman penyebab penyakit pada ayam bangkok.

  • Penutupan Kandang Pada Malam Hari

Bagi para pecinta sabung ayam tentunya menyadari bahwa penyebaran penyakit pada ayam bangkok sering terjadi saat malam hari. Tak jarang kita ketemuai bahwa ayam yang pada sore harinya masih sehat dan bugar, seringkali pada pagi harinya ayam tersebut ditemukan mati kaku. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, hal tersebut bisa terjadi karena udara pagi yang terlalu dingin atau dikarenakan gigitan serangga pada ayam bangkok. Usahakan melakukan penutupan pada kandang menggunakan kain atau terpal bekas misalnya. Hal ini dapat menjaga ayam tetap hangat dan terlindung dari gigitan serangga.

mencegah penyakit ayam bangkok

 

  • Kebersihan Tempat Pakan Ayam

Tempat pakan ayam bangkok anda sering kali menjadi sumber masalah penyakit ayam bangkok, terutama jika ayam bangkok anda diberi makan jenis pakan basah, seperti dedak dan pur yang dicampur air. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, tempat pakan yang lembab sangat disukai bakteri dan jamur sumber penyakit ayam. Bagi para pecinta sabung ayam usahakan untuk selalu mencuci tempat pakan setiap hari sebelum memberikan pakan pada ayam bangkok anda.

Mencegah Penyakit Ayam Bangkok Dengan Suplemen Tambahan

  • Segera Karantina Ayam Sakit

Bagi para pecinta sabung ayam jika anda menyadari bahwa salah satu ayam bangkok anda sakit, maka segera lakukan karantina / pemisahan dari ayam yang lain. Pindahkan ayam tersebut pada lokasi kandang yang berjarak agak jauh dari kandang ayam lainnya. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, karantina tersebut dimaksudkan agar ayam sakit tidak menulari ayam yang sehat dan mencegah agar penyakit tersebut tidak mewabah keseluruh ayam milik anda.

  • Pemberian Jamu, Suplemen, dan Vitamin

Anda dapat memberikan jamu, suplemen tambahan ataupun vitamin pada ayam bangkok anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh nya. Menurut informasi dari sebuah agen sabung ayam, hal ini berfungsi untuk melawan bibit penyakit dari dalam tubuh ayam. Kekebalan tubuh ayam yang baik akan mencegah bibit penyakit untuk masuk kedalam ayam, bagi para pecinta sabung ayam umumnya sering memberikan jamu, suplemen ataupun vitamin minimal seminggu sekali untuk ayam bangkok miliknya.

Demikian informasi mengenai tips untuk mencegah penyakit ayam bangkok, semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.